Kolaborasi Rektor, Dekan, dan Bupati di Rakernas AMPIPS se-Indonesia

Kolaborasi Rektor, Dekan, dan Bupati di Rakernas AMPIPS se-Indonesia

Kiri: Sutopo, M.Pd. (Kajur Tadris IPS IAIN Tulungagung), Dr. H. Abd. Aziz, M.Pd. (Dekan...

“Habis Gelap Terbitlah Terang” Upacara Memperingati Hari Kartini mahasiswa Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)

“Habis Gelap Terbitlah Terang” Upacara Memperingati Hari Kartini mahasiswa Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)

Kamis, 21 April 2016 penampilan mahasiswa jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)...

ADA YANG BERBEDA DALAM PEMBUKAAN ORIENTASI PENGENALAN AKADEMIK DAN KEMAHASISWAAN FAKULTAS TAHUN 2015

ADA YANG BERBEDA DALAM PEMBUKAAN ORIENTASI PENGENALAN AKADEMIK DAN KEMAHASISWAAN FAKULTAS TAHUN 2015

(Tulungagung) Rabu, 26 Agustus 2015. Bertempat di Lapangan Utama IAIN Tulungagung mahasiswa...

  • Kolaborasi Rektor, Dekan, dan Bupati di Rakernas AMPIPS se-Indonesia

    Kolaborasi Rektor, Dekan, dan Bupati di Rakernas AMPIPS se-Indonesia

    Jumat, 07 April 2017 10:21
  • “Habis Gelap Terbitlah Terang” Upacara Memperingati Hari Kartini mahasiswa Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)

    “Habis Gelap Terbitlah Terang” Upacara Memperingati Hari Kartini mahasiswa Jurusan Pendidikan...

    Selasa, 26 April 2016 09:53
  • ADA YANG BERBEDA DALAM PEMBUKAAN ORIENTASI PENGENALAN AKADEMIK DAN KEMAHASISWAAN FAKULTAS TAHUN 2015

    ADA YANG BERBEDA DALAM PEMBUKAAN ORIENTASI PENGENALAN AKADEMIK DAN KEMAHASISWAAN FAKULTAS TAHUN 2015

    Rabu, 26 Agustus 2015 11:22
  • SELAMAT DATANG DAN SELAMAT BERGABUNG MAHASISWA BARU TAHUN 2015

    SELAMAT DATANG DAN SELAMAT BERGABUNG MAHASISWA BARU TAHUN 2015

    Selasa, 25 Agustus 2015 14:27
  • STADIUM GENERAL

    STADIUM GENERAL "MENEGUHKAN KARAKTER MAHASISWA ISLAM DI NUSANTARA"

    Senin, 24 Agustus 2015 10:40
   

   

Kalender Akademik  

No events
   

Direktori  

   

Link Internal  

   

Polling  

Jurusan yang anda minati?

PGMI - 13.3%
Pendidikan Agama Islam - 25.4%
Pendidikan Bahasa Arab - 4.9%
Tadris Matematika - 31.8%
Tadris Bahasa Inggris - 24.6%

Total votes: 264
The voting for this poll has ended on: 05 Nov 2014 - 00:00
   

Link Eksternal  

   

Pengunjung  

250682
Hari iniHari ini158
KemarinKemarin199
Minggu iniMinggu ini199
Bulan iniBulan ini5517
TotalTotal250682
54.144.60.73
   
   

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Tulungagung Tambah Doktor Lagi…..

Bulan April 2014, Doktor Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Tulungagung bertambah lagi. Ini setelah salah satu staf pengajar di Fakultas tertua di IAIN Tulungagung, Khoirul Anam, M.Pd.I mempertahankan Disertasinya pada Sidang Ujian Akhir Promosi Doktor pada Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Program Doktor Manajemen Pendidikan Islam.Ujian terbuka dilaksanakan pada hari Senin, 21 April 2014 bertempat di Aula Lt. 4 Kampus Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim, Jalan Ir. Soekarno No. 1 Dadaprejo Kota Batu.Sebagai Tim penguji adalah: (1) Prof. Dr. H. Muhaimin, MA (Ketua/Penguji); (2) Dr. Hj. Suti’ah, M.Pd. (Asisten Ketua/penguji); (3) Prof. Dr. H. Mujamil Qomar, M.Ag. (Penguji utama); (4) Prof. Dr. H. Mulyadi, M.Pd.I (Penguji); (5) Prof. Dr. H. Mudjia Rahardjo, M.Si. (Promotor/Penguji); (6) Prof. Dr. H. Baharuddin, M.Pd.I (Co-Promotor/penguji); dan (7) H. M. Mujab, MA, Ph.D (Co-Promotor/penguji).

 

Dalam penyampaian disertasinya yang berjudul “Pengembangan Budaya Disiplin pada Lembaga Pendidikan Islam (Studi Multisitus pada MTsN Tunggangri Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung, MTsN Tulungagung, dan MTsN 2 Kota Kediri)”,Khoirul Anam menjelaskan bahwa penelitian yang dilakukan ini menghasilkan beberapa temuan antara lain: Pertama, Langkah-langkah pengembangan budaya disiplin dilakukan dengan lima tahapan: (1) membangun desire of change yang dilandasi nilai transendet/religius, tantangan eksternal, dan keinginan kuat leader; (2) Preparing (persiapan) melalui pembangunan sistem dan mindset disiplin; (3) unfreezing (pencairan) melalui sosialisasi secara terus menerus serta pemberian reward dan punishment, (4) movement (menggerakkan) budaya disiplin dalam hal kedatangan, berpakaian, belajar, berkendara, serta berperilaku; dan (5) refreezing (pembekuan) terhadap budaya disiplin yang telah berjalan, yaitu disiplin waktu, berpakaian, belajar, berkendara, serta berperilaku. Kedua, Peran warga madrasah dalam pengembangan budaya disiplin ditampilkan oleh kepala madrasah sebagai leader of change dalam hal kebijakan serta koordinasi; tenaga pendidik dan kependidikan sebagai agent of change dalam pengimplementasian serta control kedisiplinan; dan siswa sebagai bagian dari object dan evaluator of change. Ketiga, Upaya mengatasi resistensi pengembangan budaya disiplin yang berasal dari guru serta siswa yang bersifat individual dilakukan dengan pendekatan preventif (pencegahan) dan pendekatan kuratif (perbaikan).

Urain disertasi yang disampaikan Khoirul Anam, M.Pd.I cukup jelas dan detail. Tim penguji disertasi mengajukan beberapa pertanyaan seputar disertasi yang telah disampaikan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, maka diperoleh kesimpulan bahwa hasil penelitian disertasi ini mengembangkan teori tiga langkah dan teori kekuatan medan (force field theory) Kurt Lewin serta sejalan dengan teori peran (role theory) yang dikembangkan oleh Biddle dan Thomas. Penelitian ini juga mengindikasikan adanya peran agama dalam pembentukan budaya disiplin madrasah melalui pendekatan keteladanan dan pembiasaan.

Hasil rapat dari tim penguji diputuskan bahwa Khoirul Anam, M.Pd.I dinyatakan lulus dengan predikat Cumloude dan memperoleh gelar doktor dari Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang. Kepada Dr. Khoirul Anam, M.Pd.I, Prof. Dr. H. Mudjia Rahardjo, M.Si selaku promotor berpesan bahwa gelar Doktor yang diperoleh ini adalah gelar doktor akademik, sehingga perlu dibuktikan di masyarakat dan di almamaternya (IAIN Tulungagung). Selain itu juga diharapkan agar doktor baru ini dapat terus melakukan pengembangan penelitian sesuai dengan bidangnya yaitu manajemen pendidikan Islam (MPI),kemudian menyebarluaskan hasil-hasil yang telah diperoleh baik pada forum kajian ilmiah maupun masyarakat luas.

   
© Tarbiyah IAIN Tulungagung