FTIK IAIN TULUNGAGUNG MELAKSANAKAN RAKER 2019  DAN KEGIATAN PENINGKATAN CAPACITY BUILDING

FTIK IAIN TULUNGAGUNG MELAKSANAKAN RAKER 2019 DAN KEGIATAN PENINGKATAN CAPACITY BUILDING

FTIK IAIN TULUNGAGUNG MELAKSANAKAN RAKER 2019 DAN KEGIATAN PENINGKATAN CAPACITY BUILDING...

SOSIALISASI PELAKSANAAN PROGRAM MAGANG

SOSIALISASI PELAKSANAAN PROGRAM MAGANG

         Hari Kamis, 14 Februari 2019, FTIK IAIN Tulungagung...

FTIK Gelar Seminar Nasional Pendidikan Islam

FTIK Gelar Seminar Nasional Pendidikan Islam

Tulungagung – Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Tulungagung kembali...

Kolaborasi Rektor, Dekan, dan Bupati di Rakernas AMPIPS se-Indonesia

Kolaborasi Rektor, Dekan, dan Bupati di Rakernas AMPIPS se-Indonesia

Kiri: Sutopo, M.Pd. (Kajur Tadris IPS IAIN Tulungagung), Dr. H. Abd. Aziz, M.Pd. (Dekan...

“Habis Gelap Terbitlah Terang” Upacara Memperingati Hari Kartini mahasiswa Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)

“Habis Gelap Terbitlah Terang” Upacara Memperingati Hari Kartini mahasiswa Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)

Kamis, 21 April 2016 penampilan mahasiswa jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)...

  • FTIK IAIN TULUNGAGUNG MELAKSANAKAN RAKER 2019  DAN KEGIATAN PENINGKATAN CAPACITY BUILDING

    FTIK IAIN TULUNGAGUNG MELAKSANAKAN RAKER 2019 DAN KEGIATAN PENINGKATAN CAPACITY BUILDING

    Selasa, 26 Maret 2019 08:31
  • SOSIALISASI PELAKSANAAN PROGRAM MAGANG

    SOSIALISASI PELAKSANAAN PROGRAM MAGANG

    Minggu, 24 Februari 2019 17:28
  • FTIK Gelar Seminar Nasional Pendidikan Islam

    FTIK Gelar Seminar Nasional Pendidikan Islam

    Kamis, 15 November 2018 15:13
  • Kolaborasi Rektor, Dekan, dan Bupati di Rakernas AMPIPS se-Indonesia

    Kolaborasi Rektor, Dekan, dan Bupati di Rakernas AMPIPS se-Indonesia

    Jumat, 07 April 2017 10:21
  • “Habis Gelap Terbitlah Terang” Upacara Memperingati Hari Kartini mahasiswa Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)

    “Habis Gelap Terbitlah Terang” Upacara Memperingati Hari Kartini mahasiswa Jurusan Pendidikan...

    Selasa, 26 April 2016 09:53
   

   

Kalender Akademik  

No events
   

Direktori  

   

Link Internal  

   

Polling  

Jurusan yang anda minati?

PGMI - 13.3%
Pendidikan Agama Islam - 25.4%
Pendidikan Bahasa Arab - 4.9%
Tadris Matematika - 31.8%
Tadris Bahasa Inggris - 24.6%

Total votes: 264
The voting for this poll has ended on: 05 Nov 2014 - 00:00
   

Link Eksternal  

   

Pengunjung  

486221
Hari iniHari ini103
KemarinKemarin240
Minggu iniMinggu ini1052
Bulan iniBulan ini3850
TotalTotal486221
18.204.227.250
   
   

FTIK Gelar Seminar Nasional Pendidikan Islam

Tulungagung – Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Tulungagung kembali menggelar Seminar Nasional Pendidikan. Kegiatan ini merupakan agenda program kerja FTIK IAIN Tulungagung yang digelar setiap tahun.

Seminar dilaksanakan  pada Rabu, 14 November 2018 di Aula Utama Lantai 6 Gedung KH. Arief Mustaqiem Kampus Dakwah dan Peradaban IAIN Tulungagung.  Acara yang bertajuk “Pendidikan Islam Menjawab Tantangan Era Disruptif” tersebut menghadirkan tokoh penting dalam dunia pendidikan nasional, yakni Bapak Prof. Dr. Ir. Mohammad Nuh, DEA. Dengan peserta dari civitas akademika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Tulungagung dan perwakilan dari beberapa sekolah di Kab. Tulungagung.

Acara Seminar Nasional Pendidikan Islam FTIK IAIN Tulungagung dimulai dengan sambutan Dekan FTIK IAIN Tulungagung, yakni Ibu Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I., yang kemudian dilanjutkan sambutan Rektor IAIN Tulungagung, yaitu Bapak Prof. Dr. Maftukhin, M.Ag. Dalam sambutannya, Bapak Rektor menyampaikan bahwa beliau sangat berharap kepada seluruh dosen agar dapat mengajarkan sesuatu yang dibutuhkan oleh mahasiswa di masa yang akan datang.

Selanjutnya adalah acara inti Seminar Pendidikan Islam yang disampaikan oleh narasumber utama, yakni Bapak Prof. Dr. Ir. Mohammad Nuh, DEA, serta dimoderatori oleh Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M), yakni Bapak Dr. Ngainun Naim, M.H.I. Dalam presentasinya, Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia era Kabinet Indonesia Bersatu yang sekaligus Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada era Kabinet Indonesia Bersatu II tersebut menyampaikan beragam materi mengenai nilai-nilai penting yang perlu diemban seluruh pelaku pendidikan, serta pentingnya inovasi untuk kemajuan bidang pendidikan. Selain itu, beliau juga memberikan cukup banyak ilustrasi yang berupa kisah inspiratif yang mampu memberikan inspirasi bagi para peserta seminar.

Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) periode 2002—2007 tersebut juga mengemukakan bahwa setiap generasi memiliki tugas kesejarahan sesuai zamannya. Yang penting, ukirlah setiap lembar sejarah dengan prestasi. Beliau juga menyampaikan quote dari El-Hajj Malik El-Shabazz: Malcom X, yaitu Education is the passport to the future, for tomorrow belongs to those who prepare for it today. “Jadi, kalau mau menuju masa depan, ya harus punya paspor masa depan. Itu pendidikan. Jadi, Anda semua sudah punya paspor untuk menuju masa depan.”

Mahasiswa IAIN Tulungagung harus memiliki semangat kerja keras untuk mencapai kesuksesan. Menurut Bapak Mohammad Nuh, tidak ada kesuksesan yang instan. Untuk mencapai sukses, hal yang harus dipegang teguh adalah kesetiaan, penghargaan atau penghormatan, kerja keras, dan siap berinovasi untuk menghadapi perubahan zaman.

Acara yang berlangsung selama lebih dari 2 jam tersebut terasa begitu singkat karena Bapak Mohammad Nuh mampu membawakan materi dengan sangat menarik. Dalam penjelasannya, beliau menyelipkan lagu-lagu yang menggambarkan pesan moral yang sarat makna. Tidak mengherankan, seluruh peserta yang hadir pun tetap antusias menyimak hingga acara berakhir.  Akhirnya, acara Seminar Nasional Pendidikan Islam FTIK IAIN Tulungagung pun selesai dan menyisakan pesan mendalam bagi para peserta untuk terus belajar dan lebih bersemangat dalam membangun masa depan bangsa yang lebih baik.

   
© Tarbiyah IAIN Tulungagung