Sejarah

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Tulungagung memiliki sejarah yang cukup panjang. Dinamika sejarah FTIK IAIN Tulungagung berjalanseiring dengan perjalanan panjang sejarah IAIN Tulungagung yang pada awalnya merupakan Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel cabang Tulungagung. Ketika lembaga ini bertransformasi menjadi STAIN, maka Tarbiyah berubah menjadi jurusan Tarbiyah. Lahirnya Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) sebagaimana yang ada saat ini merupakan bagian dari dinamika kelembagaan STAIN Tulungagung yang bertransformasi menjadi IAIN Tulungagung melalui Peraturan Presiden RI Nomor 50 tahun 2013 dan dikuatkan dengan Peraturan Menteri Agama RI Nomor : 90 Tahun 2013.Peralihan status kelembagaan ini menandai gerak pengembangan seluruh fakultas di IAIN Tulungagung termasuk FTIK.

Dalam perjalanannya hingga saat ini  FTIK telah mengalami 2 kali periode kepemimpinan :

I.  Struktur Pimpinan Periode 2013-2017 pertama;

1. Dekan               : Dr. H. Abd. Aziz, M.Pd.I.

2. Wakil Dekan I    : Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd

3. Wakil Dekan II   : Hj. Anin Nurhayati, M.Pd.I

4. Wakil Dekan III  : Dr. Ahmad Tanzeh, M.Pd

 

Struktur kepemimpinan FTIK IAIN Tulungagung periode 2013-2017 pertama mengalami perubahan karena terjadi reposisi kepemimpinan ditingkat institut.Wakil dekan 1 FTIK diangkat sebagai Kepala Biro AUAK IAIN Tulungagung dan Wakil dekan 2 mendapatkan tugas belajar untuk menempuh studi S3. Untuk menjalankan tugas kepemimpinan di FTIK, maka ditetapkan struktur baru sebagai berikut;

II. Struktur Pimpinan Periode 2013-2017, kedua;

1. Dekan               : Dr. H. Abd. Aziz, M.Pd.I.

2. Wakil Dekan I    : Dr. Ahmad Tanzeh, M.Pd

3. Wakil Dekan II   : Fathul Mujib, M.Ag.

4. Wakil Dekan III  : Drs. H. Muh. Kharis, M.Pd.

 

III. Struktur Pimpinan Periode 2018-2021

1. Dekan                : Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd

2. Wakil Dekan I    : Dr. Fathul Mujib, M.Ag.

3. Wakil Dekan II   : Dr. Khoirul Anam, M. Pd.I

4. Wakil Dekan III  : Dr. Muniri, M.Pd.

 

Dengan statusnya yang baru, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) mengalami perkembangan yang sangat signifikan, baik pada sisi kelembagaan, ketenagaan maupun jumlah mahasiswa. Saat ini FTIK IAIN Tulungagung memiliki 12 Jurusan / Program studi yakni :

1.    Pendidikan Agama Islam (PAI)

2.    Pendidikan Bahasa Arab (PBA)

3.    Tadris Bahasa Inggris (TBI)

4.    Tadris Matematika (TMT)

5.    Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah (PGMI)

6.    Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)

7.    Manajemen Pendidikan Islam (MPI)

8.    Tadris Biologi

9.    Tadris IPS

10.  Tadris Bahasa Indonesia

11.  Tadris Fisika

12.  Tadris Kimia

 

Dari sisi ketenagaan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Tulungagung secara sistematis dan berkesinambungan melakukan peningkatan kuantitas dan kualitas dosennya. Sampai pada tahun 2018, jumlah dosen yang mengajar di FTIK IAIN Tulungagung berjumlah 261 orang, dengan komposisi 146 dosen tetap dan115 dosen tidak tetap, yang tersebar di masingā€masing Program Studi. Jumlah mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan terus mengalami peningkatan dari tahun-ke tahun. Peningkatan jumlah mahasiswa mengalami grafik signifikan seiring dengan alih status IAIN Tulungagung dari sebelumnya STAIN Tulungagung. Sampai pada Tahun Akademik 2017/2018, jumlah mahasiswa FTIK IAIN Tulungagung berjumlah 6517 mahasiswa yang tersebar di 12 Program Studi.

   
© Tarbiyah IAIN Tulungagung