0

Sharing Akrab HMJ Tadris Matematika Periode 2018/2019

Pada hari jumat, 16 februari 2018 pengurus HMJ Tadris Matematika (TMT) mengadakan rapat sinkronisasi raker masa bakti 2018/2019. Acara ini dihadiri langsung oleh Bapak Miswanto, M.Pd selaku Sekretaris jururusan Tadris Matematika sekaligus mewakili Bapak Sutopo, M.Pd. sebagai ketua jurusan. Kegiatan ini dilaksanakan di aula gedung UKM lantai 3. Rapat dimulai dengan acara pembukaan yang dipandu oleh Agustin Ajeng Yuliani selaku moderator. Setelah dilakukan pembukaan acara dengan pembacaan ummul kitab, seluruh peserta rapat bersama-sama menyanyikan lagu Indonesia Raya, mars IAIN Tulungagung, dan terakhir mars HMJ Tadris Matematika. Acara selanjutnya adalah sambutan dari Choirul Zaad selaku ketua umum HMJ Tadris Matematika periode 2018/2019. Sambutan berikutnya adalah dari Bapak Miswanto sekaligus membuka Rapat Sinkronisasi Raker masa bakti 2018/2019. Rapat ditutup dengan pembacaan do’a oleh saudara Yudhistira Pieter Pahlevi.

photo6269559522741823468

Pukul 09:45 WIB, dengan dipimpin Aditya Fikri dan muhsin rapat sinkronisasi dimulai. Setiap peserta rapat berkumpul sesuai bidang mereka. Pada saat berkumpul sesuai bidang masing-masing pemimpin memulai membacakan program kerja yang diajukan oleh masing-masing bidang untuk disetujui bersama. Dimulai dari bidang LITBANG (Literatur dan Pengembangan) telah disepakati bahwa program mereka dalam setahun kedepan akan mengadakan APOTEMA atau biasa disebut Ajang Potensi Matematika, lalu Seminar Nasional (SEMNAS), dan terakhir yaitu pelatihan soal olimpiade. Rencananya akan ada kerjasama antara pengurus hmj dengan ikahimatika dalam pelaksanaan seminar nasional ini akan diselenaggarakan.

Bidang selanjutnya yaitu Advokasi dan Pengkaderan atau biasa disebut ADP. Untuk program kerja ADP ditahun ini ada shekrab, ta’aruf untuk warga baru TMT, bekerjasama dengan DEMA-F dalam OPAK fakultas, upgrading, rekrutment pengurus baru, pembuatan album foto, dan terakhir melakukan pengawasan terhadap keaktifan pengrus.

Sama dengan tahun sebelumnya, bidang Agama dan Sosial memiliki 6 program kerja. Antara lain peringatan Isro’ Mi’roj, halal bihalal, peringatan Maulid Nabi, Khotmil Qur’an, Jum’at amal, dan terakhir kajian keagamaan. Untuk peringatan Isro’ Mi’roj akan diadakan santunan anak yatim. Sedangkan untuk Maulid Nabi akan diadakan ziarah wali Jawa Timur-Madura yang sasarannya adalah seluruh warga HMJ TMT. Untuk Khotmil Qur’an akan diadakan 2 minggu sekali dengan rincian tiap 2 minggu tersebut diperuntukkan 2 kelas, satu kelas semester bawah dan satu kelas semester atas.

Untuk program kerja SENIOR atau Seni dan Olahraga yang telah disepakati adalah ekstrakurikuler, Gebyar Matematika (GAMA), dan Liga Champion Matematika (LCM). Ekstrakurikuler yang bisa diikuti oleh warga TMT antara lain badminton, volly, catur, soulmate, paduan suara, tari, dan futsal. Jadwal dan lokasinya akan diumukan lewat mading ataupun groub yang ada. Untuk GAMA akan diadakan disemester ganjil dengan diisi bernagai perlombaan-perlombaan. Lomba yang bisa diiukuti ada lomba kaligrafi dan lomba badminton. Sedangkan LCM akan diadakan disemester genap.

Pukul 13.00 WIB, rapat dilanjutkan kembali setelah sebelumnya dihentikan untuk shalat Jum’at sekaligus istirahat. Bidang selanjutnya yaitu PDP. Dalam setahun kedepan program yang PDP kerjakan yaitu mading, workshop, buletin, dekorasi dan dokumentasi, media sosial, dan berita acara. Tim PDP akan dilakukan perubahan informasi pada mading tiap dua minggu sekali. Sedangkan buletin akan dikeluarkan tiap satu bulan sekali. Rencaanya workshop tahun ini akan mengangkat Macro Media Flash dan Mendeley sebagai materi workshop. PDP sendiri mengangkat macro media flash sebagai materi karena aplikasi ini dapat digunakan dalam Seminar Nasional dan Ajang Potensi Matematika.

Setelah program kerja tiap bidang telah disetujui, rapat dilanjutkan dengan perencanaan anggaran untuk kegiatan-kegiatan HMJ TMT. Lalu dilanjutkan pembentuka panitia untuk beberapa acara dalam jangka waktu dekat seperti Isro’ Mi’roj, GAMA, dan Shakrab. Untuk acara Isro’ Mi’roj ketua pelaksananya adalah Ibnu Samak dengan sekretaris Wulan dan Almuna sebagai bendahara. Lalu untuk ketua pelaksana GAMA adalah Wahyu, dengan sekretaris Lala dan bendahara Ana Maratus. Sedangkan dalam acara Shekrab diketuai oleh Ayub dengan sekretaris Debby dan Agustin Ajeng sebagai bendahara. Setelah melakukan pembagian tugas kepanitiaan acara selesai, rapat ditutup pukul 16.09 WIB.

photo6269559522741823467

Leave a reply