Sejarah

Jurusan Tadris Matematika (TMT) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung d/h Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Tulungagung merupakan satu-satunya Jurusan di Perguruan Tinggi Negeri yang ada di kabupaten Tulungagung dengan memperoleh surat ijin penyelenggaraan jurusan/program studi Tahun 2002 berdasarkan Keputusan DIRJEN BAGAIS No. DJ.II/203/2002 tentang penyelenggaraan Jurusan pada STAIN Tulungagung.

Jurusan Tadris Matematika (TMT) merupakan bentuk pengembangan dan peningkatan serta pemantapan status dari fakultas cabang IAIN Sunan Ampel yang berada di luar induknya, yang tersebar di berbagai daerah, menjadi perguruan tinggi yang mandiri. Pada 1968, bertepatan dengan diberikannya kewenangan dari IAIN Sunan Ampel untuk membuka fakultas daerah, usaha para pendiri membuahkan hasil dengan disetujuinya pendirian fakultas tarbiyah IAIN Sunan Ampel cabang Tulungagung, berdasarkan surat keputusan Menteri Agama tertanggal 17 Juli 1968.

Keluarnya Keputusan Presiden Nomor 11 Tahun 1997, tentang pendidikan STAIN yang disusul dengan Keputusan Menteri Agama nomor 23 Tahun 2009, tentang STATUTA STAIN Tulungagung dan Keputusan Dirjen Bimbaga Islam Nomor E/136/1997, tentang alih status dari fakultas daerah menjadi STAIN memberikan angin segar bagi beberapa fakultas daerah yang ingin mengembangkan diri seiring dengan kebutuhan masyarakat di daerah, di mana fakultas-fakultas tersebut berada. Sebagai salah satu dari beberapa fakultas daerah yang telah beralih status, STAIN Tulungagung merupakan satu-satunya Lembaga Pendidikan Tinggi Islam Negeri di wilayah Kabupaten Tulungagung, yang berada di pertigaan Kabupaten Kediri, Blitar, dan Trenggalek, berpenduduk kurang lebih 1.020.217 jiwa dengan mayoritas beragama Islam.

Saat ini, Jurusan Tadris Matematika (TMT) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung berstatus Terakreditasi B berdasarkan surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi nomor: 227/BAN-PT/Ak-XVI/S/XI/2013 dengan masa berlaku dari 09 Nopember 2013 sampai dengan 09 Nopember 2018.